Di dunia yang serba terhubung sekarang ini sebuah website menjadi hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat. Anda bisa tau kejadian di ujung dunia yang anda sendiri belum pernah kesana, secara langsung bisa anda ikuti lewat bantuan internet. Anda bisa memasak walaupun anda belum tahu bumbu-bumbu dan caranya tanpa kursus terlebih dahulu. Anda bisa berbelanja tanpa harus beranjak dari tempat duduk anda. Bahkan anda bisa menyewa seseorang untuk mengantarkan anda dan membersihkan rumah secara online.

Semua terhubung dengan gawai / gadget anda melalui internet. Pada intinya semua informasi sampai bisnis bisa anda upload di website pribadi, media sosial, portal berita, dan lain-lain.

Akankah tetap menjadi penonton…

Atau tetap menjadi pengguna…

Seperti kebanyakan orang,

ataukah anda menganggap ini adalah peluang untuk mengembangkan diri , memperluas pasar, dan banyak lagi faedah yang bisa anda dapatkan melalui website.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat website melalui CMS (Content Management System) WordPress, kenapa harus WordPress …. apakah susah… saya gaptek…

Simpan semua pertanyaan dan pesismisme yang ada di dalam kepala anda. Coba Action sekarang.

Bagaimana caranya…

Tetap baca panduan di website ini

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat open source (Gratisan). Bahasa gaulnya, WordPress merupakan sebuah software instan untuk membuat website dan mengelola konten baik artikel atau gambar secara online.

Mengapa WordPress sangat populer??

Jika di ibaratkan membuat website dengan bahasa pemrograman yang jumlah lebih dari 20 jenis ex : HTML, Phyton, C++, Delphi, Javascript, Java, Php dan WordPress bagaikan bumbu racikan dan bumbu instan, kurang lebih seperti itulah.

Jika anda meracik bumbu mentah anda harus tahu jenis ,karakter dan takaran tiap bumbu, belum lagi anda harus mengupas bawang, menggerus semua bumbu agar halus dan memberikan garam yang sesuai dengan takaran. Jika konteks hasil yang akan di hasilkan sama manakah yang akan anda pilih, mengingat efisiensi waktu dan tenaga mana yang akan anda pilih??

Fungsi serta Manfaat WordPress

Fungsi utama wordpress adalah anda dapat membuat website tanpa harus bersentuhan dengan bahasa pemrograman yang njlimet. Secara default nya wordpress sudah mumpuni sebagai sebuah website dengan dukungan plugin dan editor post. Jika developer membuat website dengan sebuah team dan memerlukan waktu sampai 30 hari, Anda bisa dengan mudah membuat website dalam waktu 5 menit. Menarik bukan ??

Jenis -jenis WordPress

Ada dua jenis WordPress

  1. WordPress Hosted (WordPress.com)

Kelebihan

  • Lokasi penyimpanan di alokasikan di server WordPress.com
  • Anda mendapatkan kapasitas disks pace sebesar 3GB
  • Tidak di pungut biaya sama sekali
  • Tidak memerlukan biaya maintenance server, script dan hosting

Kekurangan

  • Tidak memiliki fitur yang berlimpah (plugin terbatas)
  • Tidak bisa di sematkan iklan
  • Tidak memiliki akses ke script website
  • Nama domain kurang profesional ( namadomainanda.wordpress.com )
  1. WordPress self hosted

Kelebihan

  • Dapat memasang theme dan plugin dan mengedit scriptnya
  • Memiliki akses penuh ke file website
  • Lebih dalam settingan SEO
  • Nama domain lebih profesional (namadomainanda.com)
  • bisa di sematkan iklan

Kekurangan

  • Anda wajib menyiapkan biaya hosting & domain.
  • Mengatasi sendiri jika ada permasalahan pada website.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa mengambil keputusan jenis WordPress mana yang cocok untuk Anda gunakan saat ini dilihat dari kelebihan & kekurangannya masing-masing.

Lalu dari mana saya harus memulai, silahkan telusuri website kami


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *