Memilih nama domain memang susah susah gampang ,dan harus di pikirkan matang matang . Karena domain merupakan alamat sebuah website dan sekaligus brand anda di dunia maya. Berikut adalah hal hal yang harus anda pikirkan sebelum menentukan nama sebuah domain untuk website anda.

1. Tetapkan Tema blog atau website anda

Langkah pertama biasa nya agak sulit, tetapi setelah melangkah biasanya langkah selanjutnya akan lebih mudah, menetapkan tema merupakan langkah pertama anda. Sebelum menentukan nama domain anda nantinya, tetapkan matang matang tentang apa tema blog Anda, siapa calon pembaca atau konsumen nya (market). Silahkan anda menetapkan konsep blog Anda dengan seksama. Apakah menyediakan informasi, pasar online, toko online atau apapun yang ada di dalam pikiran anda.

2. Tuangkan Ide

Tuangkan apapun yang ada di dalam benak anda. Tulislah 5 sampai 10 nama domain yang terlintas di pikiran anda. Tulis saja soal pilih dan memilah urusan nanti, jangan ragu ragu.

3. Mudah untuk Diketik

Domain adalah alamat anda di internet, usahakan semudah mungkin untuk di ingat dan di ketik. Nama domain MAINGAME.COM pasti akan lebih mudah diketik daripada MAIN-GAME.COM, karena tidak perlu pemisah. Tapi semua kembali kepada anda karena ini merupakan saran saja.

4. Mudah Disebutkan & Diingat

Semakin mudah nama domain anda untuk disebutkan dan diingat dengan cepat, semakin baik. Ini menjadi tehnik pemasaran yang unik, mungkin anda belum tau betul jika bahasa kita memiliki berjuta kata yang sendiri belum tentu tau arti dan maknanya. Apakah anda mengetahui arti bakir yang menjadi nama website ini bakir.web.id. Saya sendiripun awal nya tidak mengetahui artinya,setelah saya riset sederhana barulah saya kira nama ini cocok untuk nama domain saya.

5. Riset Legal Trademark

Poin ini termasuk yang paling penting, hubungannya sangat erat dengan hukum. Jika anda salah langkah, Anda bisa berurusan dengan hukum. Gak mau dong..

Silahkan anda Periksa terlebih dahulu nama bisnis dan domain website  di website database merek dagang (trademark),seperti:

Nama seperti google , bing, atau website sejenis yang dimiliki perusahaan besar pastilah sudah terdaftar dengan badan hukum yang kuat jadi jangan menggunakan brand mereka, ciptakan brand anda sendiri. Nama website seperti google walaupun dengan ekstensi yang lain seperti google.net atau google.org haruslah di hindari, jika anda tidak ingin berurusan dengan hukum.

6. Cek nama domain anda di Name Checker

Sebaiknya, Anda memeriksa nama domain yang akan anda daftarkan di website seperti :

Setelah itu pastikan nama domain Anda belum ada yang menggunakan sebagai profil di social media. Karena bukan tidak mungkin ada orang yang memiliki ide yang sama persis dengan anda di belahan dunia lain.

8. Tidak terlalu Panjang

Maksudnya nama domain anda yang jangan terlalu panjang, karena akan menerabas poin poin diatas. Sebagai contoh : panduanbermaingamemobilelegend.com pasti ribet dan tidak simple sederhanakan menjadi maingame.com atau gamemaster.com atau nama yang menurut anda lebih simple.

9. Brandable? Jangan Pakai web hosted

Modal sedikit untuk hasil dan performa yang lebih baik, jangan pakai web hosted jika anda ingin terlihat lebih profesional. Coba anda simpulkan jika anda berniat berjualan lalu memakai domain gratisan, apa pendapat calon pelanggan anda??? mau dagang kok kaga modal….

Misalnya anda berjualan online mana yang lebih terpercaya mana diantara contoh berikut

shoope.com dengan shoope.wordpress.com atau shoope.blogspot.com atau shoope.tumblr.com

10. Jaga orisinalitas brand domain anda

Jangan tergiur mengambil nama yang sudah dimiliki oleh orang lain, buat brand anda sendiri dan besarkan.

 

dapatkan diskon sampai 40% dengan kode refferal kami. serta dukungan penuh dari kami

Kategori: wordpress tutorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *